cover
Contact Name
Syaipul Ramdhan
Contact Email
lppm@global.ac.id
Phone
+6287774181374
Journal Mail Official
syaipulramdhan@global.ac.id
Editorial Address
Jl. Aria Santika No. 43A Margasari Karawaci
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Sisfotek Global
ISSN : 20881762     EISSN : 27213161     DOI : http://.doi.org/10.38101/jsg
Jurnal Sisfotek Global is a peer-reviewed open access journal published twice a year (March and September), a scientific journal published by Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global. Jurnal Global Sisfotek aims to provide a national forum for researchers and professionals to share their ideas on all topics related to the field of computer science. It is published in online version (e-ISSN 2721-3161) and printed version (p-ISSN 2088-1762). Jurnal Global Sisfotek has been indexed and abstracted in Index Copernicus, GOOGLE Scholar, BASE (Bielefeld Search Engine), Crossref Search, One Search, PKP-Indexed, Neliti search, Garuda, Dimensions, Scilit. Jurnal Sisfotek Global accepts quality manuscripts produced from research projects within the scope of the field of computer science, which include, but are not limited to the following topics: information systems, image processing, multimedia, mobile computing, artificial intelligence, expert systems, computer systems. The manuscript must be original research and written in English (from 2021).
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 2 (2020): JURNAL SISFOTEK GLOBAL" : 9 Documents clear
Sistem Informasi Penggajian Guru Menggunakan Aplikasi Web pada SD Markus Tangerang Zainul Hakim; Edy Tekat Bronto Waluyo; Ana Rolita Hutasoit
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 10, No 2 (2020): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (303.312 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v10i2.297

Abstract

SD Markus Tangerang merupakan salah satu sekolah pendidikan swasta yang masih berkembang di kota tangerang sistem pembayaran gaji masih menggunakan cara manual dengan menghitung absen, gaji pokok, tunjangan masa kerja dimana sering terjadinya kesalahan dalam penghitungan gaji sehingga admin dan bagian keungan tidak sinkron. Maka penulis mengusulkan perancangan sistem terkomputerisasi menggunakan metodologi OOAD (Object Oriented Analysis and Design), dengan alat bantu UML (Unified Modeling Language) yang menggunakan bahasa pemrograman java dengan aplikasi Website dan basis data koneksi MySQL dengan aplikasi phpMyAdmin. Dan hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi penggajian yang terkomputerisasi.
Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Paru pada Anak dengan Menggunakan Metode Forward Chaining Rahmat Tullah; Sutarman Sutarman; Muhamad Pazri Saladin
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 10, No 2 (2020): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.8 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v10i2.293

Abstract

Kesehatan merupakan hal yang penting bagi manusia. Ironisnya, banyak sekali penyakit-penyakit yang terlambat didiagnosis sehingga mencapai tahap kronis yang sulit untuk disembuhkan. Kesehatan anak adalah dambaan setiap orangtua, terlebih mengingat usia anak-anak yang rentan terhadap penyakit merupakan ketakutan tersendiri bagi orang tua. Ketakutan ini bukan tanpa alasan karena terkadang kesibukan orang tua menyebabkan keterlambatan penanganan kesehatan anak sehingga banyakpenderita penyakit paru berusia anak-anak. Sehingga penulis melakukan penelitian dan membuat sebuah sistem pakar dengan berbasis website untuk membantu tim medis mendiagnosa secaradini.
Sistem Informasi Pencatatan Pemeriksaan Kendaraan Berbasis Web Pada PT. Astra International Tbk Daihatsu Mila Amri; Achmad Sidik; Andri Darwis
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 10, No 2 (2020): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.484 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v10i2.298

Abstract

Pencatatan pemeriksaan kendaraan adalah suatu rangkaian kegiatan yang sangat kompleks,dan memiliki pengaruh terhadap revenue juga unit entry bengkel. Untuk memaksimalkan hal tersebut, maka perlu adanya sistem yang mendukung berjalannya kegiatan tersebut. Seiring dengan meningkatnya jumlah unit entry service di bengkel Astra Daihatsu cabang Pondok Cabe pembuatan laporan pemeriksaan kendaraan menemui beberapa kendala dari mulai proses pembuatannya yang masih dilakukan secara manual yaitu dengan cara mengisi sebuah form sehingga pembuatan laporan memakan waktu sekitar 5-10 menit. Dan terkadang ada beberapa form yang hilang atau tercecer. Hal ini seharusnya tidak terjadi mengingat form tersebut berpotensi untuk menghasilkan revenue untuk bengkel. Dengan menggunakan metode OOAD (Object Oriented Analysis Diagrams),bahasa pemrograman PHP dan menggunakan  database MySQL yang dikembangkan dengan UML (Unified Modelling Language) juga berbasis web, memungkinkan pembuatan laporan pemeriksaan kendaraan menjadi lebih mudah dan histori kerusakaan pada kendaraan dapat mudah diakses, sehingga pemilik kendaraan menjadi lebih mudah untuk mengetahui kondisi kendaraannya. Sistem Informasi Pencatatan Pemeriksaan Kendaraan Berbasis Web membuat pemilik kendaraan merasa puas karena kondisi kendaraan mereka diperhatikan oleh pihak bengkel secara detail. Pencatatan pemeriksaan kendaraan menjamin bahwa kendaraan telah diperiksa secara keseluruhan, tidak hanya mengacu pada Perintah Kerja Bengkel (PKB).
JAUBAK: Simulator 3D Peninjauan Penembakan Mobile Galih Ashari Rakhmat; Rizki Fauzian
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 10, No 2 (2020): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.409 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v10i2.302

Abstract

Kebutuhan teknis dan taktis yang dapat mensimulasikan kegiatan peninjauan secara nyata seperti kegiatan yang sebenarnya di lapangan sehingga gumil atau pelatih mendapatkan sarana/prasarana dalam pembelajarannya begitu juga dengan regu Peninjau terutama siswa yang baru belajar Peninjauan Penembakan yang dirasa masih kurang optimal dalam melaksanakan pembelajaran Peninjauan tembakan, Simulator ini akan dirancang dengan sistem bongkar pasang sehingga simulator dapat difungsikan dimanapun selama infrastruktur memadai. Dalam kegiatan Rancang Bangun Simulator Peninjauan Penembakan Mobile, tolok ukur yang digunakan adalah tercapainya pembuatan software, hardware, server, komunikasi data, maupun alat pendukung pada Rancang Bangun Simulator Peninjauan Penembakan Mobile yang dapat digunakan sesuai fungsinya dalam melatihkan para prajurit terutama siswa peninjau tembakan agar terampil sebelum berhadapan dengan situasi medan yang sebenarnya. Tujuannya adalah Terwujudnya Rancang Bangun Simulator Peninjauan Penembakan Mobile sebagai alat untuk meningkatkan kemampuan Regu Peninjau guna menunjang keberhasilan pelaksanaan tugas pokok satuan Armed dalam memberikan bantuan tembakan kepada satuan manuver secara cepat, tepat dan akurat. Penelitian dilakukan pada tahun 2019 di Pusat Pendidikan, dan Pusat Persenjataan Artileri Medan. Tahapan-tahapan penelitian telah dilalui dengan baik, dimulai dari perencanaan, persiapan, pelaksanaan, hingga evaluasi dan penilaian. Hasil yang didapatkan adalah telah dikembangkannya simulator peninjauan dan penembakan yang dapat meningkatkan kemampuan regu peninjau. Dari sisi penggunaan simulator pun dapat dinilai dengan baik.
Aplikasi Kenaikan Gaji Berkala Berbasis Web Menggunakan Framework CodeIgniter Lilis Emalia; Vebbry Meidiliana
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 10, No 2 (2020): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (216.035 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v10i2.299

Abstract

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Bandung bertugas untuk merumuskan dan menetapkan kebijakan teknis kenaikan gaji berkala aparatur sipil negara. Dalam instansi tersebut, prosedur dan pelaporan dalam mengajukan kenaikan gaji barkala dari tiap aparatur masih berbentuk konvensional. Bentuk prosedur pengajuan kenaikan gaji berkala yang belum terkomputerisasi seperti ini, menimbulkan penumpukan berkas pengajuan dan proses pengajuan menjadi lama. Untuk itu, perlu dirancang dan dibangun sebuah sistem yang berfungsi untuk memfasilitasi data yang diajukan aparatur serta menyampaikannya kepada atasan melalui format dan dokumentasi penulisan yang baku. Sistem Informasi Kenaikan Gaji Berkala Berbasis Web ini dirancang dengan metode pengembangan model Waterfall dan menggunakan Framework CodeIgniter. Sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan adalah PHP dan sistem manajemen basis data MySQL. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan metode black box, sistem ini telah memenuhi kebutuhan fungsional. Sistem Informasi Kenaikan Gaji Berkala diharapkan dapat mengawasai aparatur yang mengajukan kenaikan gaji berkala secera terus menerus setiap harinya, dengan tujuan untuk meningkatkan kemudahan dan efisiensi waktu saat melakukan pengajuan kenaikan gaji berkala secara online di Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Bandung.
Sistem Informasi Aplikasi Penggajian Karyawan Berbasis Web Pada PT Panca Cipta Abadi Sri Mulyani; Achmad Sidik; Atika Sari
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 10, No 2 (2020): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (224.325 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v10i2.295

Abstract

PT Panca Cipta Abadi merupakan sebuah perusahaan manufaktur aksesoris sepatu. Karyawan di perusahaan ini terdapat 2 golongan, yaitu golongan karyawan tetap dan golongan karyawan harian lepas. Pada proses penggajian karyawan yang berjalan saat ini masih manual, mulai dari perhitungan gaji karyawan harian lepas menggunakan kalkulator sebagai alat hitung, lalu ditulis pada lembaran form slip gaji. Kemudian untuk perhitungan gaji pegawai tetap dan pelaporan gaji menggunakan Ms.Excel, sehingga menghasilkan informasi yang belum efisien dan sering terjadi human error. Untuk mengatasi hal tersebut di butuhkan sebuah sistem agar dapat mempermudah proses penggajian karyawan dengan cepat dan akurat. Penelitian ini dibuat dari tahap menganalisa sistem yang ada saat ini kemudian data diperoleh dari wawancara langsung dengan pihak terkait sistem penggajian karyawan dan observasi, sedangkan perancangan menggunakan database MySQL dan bahasa pemrograman PHP hingga pengimplementasian dengan berorientasi objek menggunakan Unified Modelling language (UML). Dengan pembuatan sistem ini telah menghasilkan sebuah sistem yang dapat mempermudah untuk tahap perhitungan gaji, meliputi perhitungan hari kerja, perhitungan lembur dan insentif-insentif yang biasa diterima serta pembuatan slip gaji secara otomatis, sehingga menghasilkan informasi yang lebih efektif dan efisien.
Surat Perintah Kerja Proses Pesanan Furniture Berbasis Web pada PT Sarana Interindo Maju Dedi Dedi; Nunung Nurmaesah; Tiara Anggraeni
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 10, No 2 (2020): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.646 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v10i2.290

Abstract

Surat Perintah Kerja (SPK) yaitu surat yang berisikan perintah kerja suatu tugas atau pekerjaan dari sebuah perusahaan untuk diberikan kepada pihak kedua untuk melaksanakan suatu tugas atau pekerjaan tersebut yang telah ditentukan oleh pihak pertama. Pengelolaan SPK ini berjalan dengan manual menggunakan MS.Excel. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisa dan merancang suatu sistem informasi surat perintah kerja proses pesanan furniture. Penelitian ini menggunakan metodologi berorientasi objek atau disebut OOAD (Object Oriented Analysis and Design). Alat pengembangan sistem ini menggunakan bahasa pemrograman PHP , menggunakan database MySQL, Adobe Dreamweaver sebagai tools, serta menggunakan pemodelan UML. Hasil yang didapat adalah sistem surat perintah kerja proses pesanan furniture berbasi web ini dapat menjadi salah satu solusi yang dapat digunakan untuk mempermudah pengelola dalam membuat SPK pada proses pesanan furniture secara lebih baik.
Sistem Informasi Penjualan Berbasis Android Menggunakan Ionic Sutarman Sutarman; Prawido Utomo; Hari Nurmawan
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 10, No 2 (2020): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.921 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v10i2.296

Abstract

CV. Jukajo Sukses Mulia berlokasi di Jl. Sinai Raya Blok K No. 20 Kelapa Dua Kabupaten Tangerang Provinsi Banten, yang bergerak pada Bidang Produksi Minuman Jus. Permasalahan yang terjadi pada CV. Jukajo Sukses Mulia adalah pemesanan JUKAJO (Jus Kacang Ijo) dilakukan melalui aplikasi WhatsApp yang kemudian dicatat ke dalam excel oleh Admin PO (Purchase Order) sehingga hal ini dirasakan tidak efektif dan efisien. Peneliti bertujuan untuk meneliti dan membantu memecahkan masalah yang dihadapi CV. Jukajo Sukses Mulia, yaitu dengan membangun suatu sistem informasi penjualan berbasis android. Dengan pembangunan sistem informasi ini diharapkan Admin PO tidak perlu lagi mencatat pemesanan yang dilakukan oleh customer. Sistem informasi yang dibuat diharapkan dapat membantu CV. Jukajo Sukses Mulia dalam memberikan  pelayanan terbaik kepada customer dalam melakukan konfirmasi pembayaran serta membantu Finance dalam membuat lapoaran penjualan.
Pembuatan Dokumenter Mengenai Keberhasilan Pemanfaatan Youtube Sebagai Mata Pencaharian Melalui Konten Kreatif Fiqih Hana Saputri; Rahmat Tullah; Dwiki Afrilian Koswara
JURNAL SISFOTEK GLOBAL Vol 10, No 2 (2020): JURNAL SISFOTEK GLOBAL
Publisher : Institut Teknologi dan Bisnis Bina Sarana Global

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (197.997 KB) | DOI: 10.38101/sisfotek.v10i2.292

Abstract

YouTube merupakan portal atau situs video sharing milik Google Inc. YouTube merupakan salah satu malah merupakan yang terbesar di dunia maya.  Konten kreator pun semakin banyak di platform ini. Dikarenakan banyaknya peminat tontonan Youtube.Mereka berlomba-lomba untuk menunjukan karyanya masing-masing. Identifikasi masalah pada penelitian ini adalah kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai bagaimana pembuatan konten di Youtube sehingga bisa menghasilkan uang dari konten yang di unggah. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah bagaimana membuat konten yang bagus dan bisa dinikmati banyak viewers dan memiliki nilai jual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif karena didalamnya peneliti melakukan observasi, wawancara, dan juga dokumentasi. Hasil yang di dapatkan dari penelitian ini adalah sebuah dokumenter yang mengulas mengenai youtuber sukses. Dokumenter kemudian di unggah ke Youtube dan mendapatkan respon 90,8 % positif dari penonton.

Page 1 of 1 | Total Record : 9